Identifikasi Penyebab Kanker yang Perlu Anda Ketahui




Menurut Kementrian Kesehatan  RI, Riset Kesehatan Dasar (Riskedas) yang dilakukan tahun 2013 tercatat prevalnsi tumor dan kanker di indonesia mencapai 1,4 setiap 1.000 penduduk. I ni berarti ada sekitar 330 ribu orang terkena tumor dan kanker setiap tahnnya. Karena itu pemahaman terhadap tumor dan kanker harus lebih di intensifkan.

Kanker dapat menimpa semua orang, pada setiap bagian tubuh. Ini dikarenakan kanker itu sendiri berasal dari sel dalam tubuh manusia. Bahkan ada kabaryang menyebutkan bahwa sel kanker hidup dalam setiap mausia. Faktanya semua orang memiliki sel dengan DNArusak tapi tubuh secra otomatis akan membuang sel-sel yang rusak. Jadi dalam kondisi normal, tubuh manusia bersih dari sel kanker.


Pengelompokan Kanker
  1. Carcinoma, kanker yang berasal dari jaringan kulit yang menutupi organ dalam (internal). sub tipe kanker carcino, yaitu karsinoma sel basal, adenokarsinoma, karsinoma sel skuamosa, dan karsinoma sel transisi.
  2. Sarkoma, kanker yang berasal dari jaringan ikat seperti pada tulang, lemak, otot, tulang rawan, pembuluh darah, dan jaringan pendukung lainnya.
  3. Leukemia, kanker yang menyerang jaringan darah termasuk di dalamnya kanker sumsum tulang yang membuat sel darah tumbuh menjadi abnormal.
  4. Limfoma dan myeloma, kanker yang bersal dari sel-sel sistem kekebalan tubuh dan menyerang  sistem kekebalan tubuh.
  5. Kanker sistem saraf, kanker yag bersal dari jaringan dalam otak dan sumsum tulang belakang.

Faktor yang dapat memicu timbulnya mutasi pada pada sel menjadi abnormal dapat dibedakan menjadi 2 , yaitu mutasi luarsel dan dalam sel.

Mutasi luar sel adalah mutasi yag disebabkan oleh faktor gen dari oarang tua. sedagkan mutasi lar sel adalah mutasi yang disebabkan oleh paparan zat yang dapat mempegaruhi mutagen. Antara lain virus, hormone, bahan kimia karsigonik, radiasi dan rokok. Mutasi dari luar bisa dipengaruhi oleh faktor lingkugan dan gaya hidup. Faktor eksternal lebih beresiko menimbulkan kanker dari pada mutasi dari dalam.

Usia, riwayat keluarga, kondisi kesehatan, lingkugan, infeksi dan gangguan sistem imun merupakan faktor resiko seseorang terkena kanker.

Gejala umum dari kanker diantaranya kelelahan, perubahan berat badan tanpa sebab, munculnya benjolan, perubahan pada kulit,  kelainan atau luka yang nyeri dan tidak kunjung sembuh, demam dan keringat malam dalam jangka waktu lama, pendarahan dan memar yang tidak jelas sebabnya.

Artikel Terkait Identifikasi Penyebab Kanker yang Perlu Anda Ketahui :

Powered by Blogger.