Ciri-ciri Kanker Nasifaring


Nasofaring adalah daerah dibelakang hidung tepat diatas bagian belakang tenggorokan. Nasofaring adlah bagian yang akan tersambung ke orofaring. Orofaring adalah tempat dimana terjadi pertemuan antara saluran udara dari hidung dan saluran makanan dan air dari mulut.

Nasofaring merupakan saluran khusus udara pernapasan , kita harus memperhatikan kesehatannya jika nasofaring terganggu, tentu pernapasan akan terganggu yang mengakibatkan tubuh akan kekurangan oksigen yang lebih jauh lagi akan mempengaruhi kesehatan sel-sel di tubuh.

Kanker nasofaring juga dikenal dengan kanker THT. Penyakit kanker ini disebabkan oleh adanya sel ganas yang berbentuk jaringan nasofaring. Biasanya, kanker nasofaring sering ditemukan di bagian telinga, hidung, serta kepala dan leher.

Ciri-ciri kanker nasofaring ini biasanya tidak disadari karena kebanyakan orang menganggap remeh karena gejalanya mirip seperti flu biasa. Beberapa ciri-ciri nasofaring sebagai berikut :

>> Kesulitan untuk bernapas
Gangguan pernapasan yang dialami adalah hidung tersumbat, hidung terasa penuh dan kesulitan bernapas melalui hidung. Gejala ini mirip sekali dengan flu biasa sehingga seringkali penderita menyepelekan ciri-ciri nasofaring yang dirasakan.

>> Gangguan bicara
Penderita kanker nasofaring juga bisa mengalami gangguan bicara, penderita akan kesulitan bicara suara menjadi sengau seperti seseorang yang sedang flu dan batuk. Hal ini bisa terjadi karena keberadaan kanker yang menganggu tenggorokan, bahkan pita suara.

>> Gangguan pada telinga dan pendengaran
Gangguan pendengaran bisa terjadi jika kanker telah menyebar ke area telinga. Kanker nasofaring yang telah menyebar ke telinga dan area kepala juga bisa menyebabkan kepala sakit hebat. Pendengaranpun menjadi berdenging dan kurang peka dengan volume suara yang tidak keras. Untuk mencegahnya segeralah anda berkonsultasi pada dokter jika ada gejala telinga iritasi yang tidak kunjung sembuh.

>> Benjolan di hidung dan leher
Jika benjolan tersebut makin membesar maka harus segera diangkat, biasanya pasien menyepelekan hal ini karena benjolan yang terjadi tidak sakit atau nyeri. Benjolan ini dapat di raba sehingga seharusnya bisa menjadi ciri-ciri kanker nasofaring stadium awal.

>> Tenggorokan sakit
Hal ini menyebabkan pasien mengalami kesulitan menelan, bahkan berbicara. Sakit ditenggorokan juga bisa disebabkan oleh radang tenggorokan atau sakit flu biasa, jika tenggorokan sakit dalam waktu yang lama, sebaiknya anda segera mengunjungi dokter untuk mendapat diagnosis yang lebih akurat.

>> Mimisan
Mimisan pertanda bahwa kanker nasofaring yang dialami telah semakin parah. Meskipun mimisan bisa lekas berhenti, anda wajib untuk curiga bahwa ada penyakit yang serius jika mimisan sering dialami.

>> Penglihatan terganggu
Nda akan merasakan penglihatan yang kabur. Rasa sakit kepala dan pusing pun akan semakin sering anda rasakan.

Artikel Terkait Ciri-ciri Kanker Nasifaring :

Powered by Blogger.